Berawal Dari keikhlasan

Bookmark and Share
Pernahkah anda melakukan sesuatu tanpa keikhlasan? Pasti apa yang anda lakukan dengan dasar keterpaksaan akan terasa berat dan menyiksa diri kamu. Apalagi hal yang kamu lakukan tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Gak kebayang deh pokoknya rasanya. Coba kalo hal tersebut kamu lakukan dengan rasa ikhlas, pastilah akan terasa lebih ringan dan menyenangkan.

Tahukah kamu jika suatu hal yang kamu lakukan tidak dilandasi rasa ikhlas akan sia-sia? Sudah capek-capek ngabisin banyak waktu tapi gak ada manfaatnya. Apa sih susahnya ikhlas? toh kalau kita ikhlas juga akan mendapatkan balasan kan.
Susah memang kalau kita tidak terbiasa dengan hal tersebut, Apalagi kalau kita kehilangan sesuatu yang kita cintai, waduh itu sungguh sesuatu banget. Tapi apa sih sebenarnya makna ikhlas itu? Bahwa yang dimaksud dengan keikhlasan adalah ketika anda menjadikan niat anda dalam melakukan suatu amalan hanyalah karena Allah semata, anda melakukannya bukan karena selain Allah, bukan karena riya (ingin dilihat manusia) ataupun sum’ah (ingin didengar manusia), bukan pula karena anda ingin mendapatkan pujian serta kedudukan yang tinggi di antara manusia, dan juga bukan karena anda tidak ingin dicela oleh manusia.
Sesuatu hal akan berjalan maksimal ketika didasari rasa ikhlas. Kenapa bisa begitu? logikanya ketika kita tidak melakukan tindakan secara ikhlas maka kita pasti tidak sungguh-sungguh menjalankan tindakan tersebut. Jadi suatu hal yang tidak kita lakukan secara sungguh-sungguh pasti hasilnya tidak seperti jika kita lakukan dengan sungguh-sungguh.
Mencobalah untuk ikhlas dari hal yang terkecil saja. Toh gak ada salahnya to kalau kita ikhlas? Allah pasti akan membalas suatu kebaikan dengan kebaikan pula. So mulailah dari sekarang...

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar